Skip to main content

Mitologi Yunani Kuno part 1

Kalau ditanya kenapa saya mau ngebahas tentang Yunani kuno sih alasannya cuma karena ingin tahu, sekaligus membagi apa yang saya ketahui.

Sebenarnya, kisah mitologi Yunani kuno ini mempunyai banyak versi, dan saya belum benar-benar mengerti semuanya, tapi yah saya sebagai manusia biasa yang haus akan ilmu pengetahuin mencoba mengisahkan sedikit apa yang saya tahu tentang Mitologi Yunani kuno ini.

Beberapa fakta yang saya himpun dari berbagai sumber menyebutkan, mitologi ini sendiri berasal dari legenda yang ada di yunani kuno dan berisi kisah mengenai Para dewa dan pahlawan beserta sifat dunia.

Para dewa ini sendiri digambarkan seperti manusia, dilahirkan namun tak akan tua, kebal terhadap apapun. Bisa menghilang, dan mempunyai sifat yang berbeda dari dewa lainnya.

Dewa ini kadang membantu manusia, lalu beberapa ada yang jatuh cinta kepada manusia itu sendiri dan kemudian menghasilkan anak setengah dewa yang disebut pahlawan (contohnya Hercules)

Beberapa sumber literatur yang mengisahkan dewa-dewi ini yaitu wiracarita Iliad dan Odisseia—berisi kisah yang berpusat pada peristiwa mengenai Perang Troya. 

Sementara, dua puisi karya Hesiodos—Theogonia dan Erga kai Hemerai—menceritakan mengenai penciptaan dunia, pergantian kekuasaan dewa, pergantian zaman manusia, asal mula kesengsaraan manusia, dan asal mula ritual kurban. 

Mitologi Yunani juga terdapat dalam Himne Homeros, potongan-potongan wiracarita dari Siklus Epik, karya seni tragedi dari abad kelima, tulisan-tulisan para sejarawan dan penyair dari zaman Yunani Kuno, serta naskah kuno dari Kekaisaran Romawi karya penulis-penulis seperti Plutarkhos dan Pausanias.

Perkembangan mitologi ini juga semakin meningkat seiring waktu untuk menyesuaikan perkembangan budaya dari Yunani itu sendiri.

Kisah ini dipercayai berasal dari masyarakat di semenanjung Balkan, mereka menganut animisme dan mempercayai adanya roh pada semua unsur alam.

Kemudian roh-roh itu diberikan wujud manusia dan terlibat dalam cerita legenda yang ada sebagai dewa, mereka membawa kepercayaan baru yang didalamnya terdapat dewa-dewa baru lainnya yang didasari pada penaklukan, keberanian dalam perang dan kepahlawanan yang kejam.

Kemudian dewa-dewa yang sudah ada menyatu dengan dewa sembahan yang lebih kuat, lalu dewa yang kalah ata terasimilasi tidak dianggap penting.

Di cerita ini, beberapa waktu setelah pertengahan Arkais, mitos tentang hubungan cinta dan seksual antara dewa pria dan manusia pria muncul. Mereka mengindikasikan adanya perkembangan yang sejalan dengan pejantanan pedagogis, yang dipercaya sekitar tahun 630SM.

Kondisi ini juga semakin terjadi pada akhir abad kelima sebelum masehi, para sumber mengatakan bahwa setidaknya satu eromenos (remaja yang melakukan hubungan seksual) untuk setiap dewa yang penting, kecuali dewa Ares yang menyebabkan gaya percintaan sejenis para dewa ini dicontoh oleh manusia selanjutnya.

Jadi, mitologi yunani ini diungkapkan sebagai fase perkembangan dunia serta manusia, sementara legenda cerita-ceritanya menjadi sejarah dunia.

Sejarah ini bisa dibagi dalam tiga atau empat periode yatiu : Mitos asal usul atau zaman para dewa (Theogonia, "kelahiran para dewa"): mitos tentang asal mula dunia, para dewa, dan umat manusa.


Zaman para dewa

"Mitos asal-usul" atau "mitos penciptaan" melambangkan usaha untuk menguraikan alam semesta dan menjelaskan asal mula dunia supaya dapat dipahami oleh akal manusia.

Berikut ringkasan ceritanya bedasarkan Versi yang paling banyak beredar adalah cerita Hesiodos dalam karyanya yang berjudul Theogonia.
  • Khaos (identitas yang tak berbentuk dan misterius) dari Khaos ini memunculkan Gaia (dewi bumi) dan berberapa dewa primer lain: Eros (cinta), Tartaros (perut bumi), Erebos (kegelapan) dan Niks (malam)
  • Niks bercinta dengan Erebos dan melahirkan Aither (langit atas) dan Hemera (siang).
  • Gaia yang tanpa pasangan melahirkan Uranus (dewa langit) dan Pontos (dewa laut)
  • Uranus kemudian menjadi suami Gaia (menjadi suami untuk ibunya sendiri)
  •  Hubungan Uranus dan Gaia menghasilkan para Titan pertama, yang terdiri dari enam titan pria yaitu :

1.       Koios
2.       Krios
3.       Kronos
4.       Hiperion
5.       Lapetos
6.       Dan Okeanos

  • Hubungan Uranus dan Gaia juga menghasilkan enam titan perempuan yaitu 

1   Mnemosine
2.       Foibe
3.       Rea
4.       Theia
5.       Themis
6.       Dan Tethis

  • Uranus dan Gaia kemudian memutuskan bahwa setelah Kronos lahir tidak ada lagi titan yang boleh lahir. Anak-anak Gaia dan Uranus yang lahir kemudian adalah para Kiklops (raksasa bermata satu) dan Hekantonheire (raksasa bermata seratus)
  • Karena memiliki rupa yang mengerikan, para Kiklops dan Hekantonkheire dikurung oleh Uranus. Gaia yang tidak terima akhirnya marah dan mengajak para titan untuk memberontak melawan Uranus.
  • Kronos adalah anak Gaia yang paling cerdik, muda dan mengerikan melaksanakan perintah Gaia, dia memotong alat kelamin ayahnya sendiri.
  • Setelah itu Kronos akhirnya menjadi penguasa para dewa dengan Rea yang merupakan kakak sekaligus istriny sebagai pasangannya, kemudian para Titan yang lain menjadi anak buahnya.
Bersambung ke Mitologi Yunani kuno part 2

Comments

  1. http://kreasimasadepan441.blogspot.com/2017/12/kpk-eks-istri-setnov-beberapa-kali.html
    http://kreasimasadepan441.blogspot.com/2017/12/tentukan-kemerdekaan-catalonia-mulai.html
    http://kreasimasadepan441.blogspot.com/2017/12/jokowi-akui-sulitnya-bangun-pembangkit.html

    Tunggu Apa Lagi Guyss..
    Let's Join With Us At vipkiukiu .net ^^
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami :
    - BBM : D8809B07 / 2B8EC0D2
    - WHATSAPP : +62813-2938-6562
    - LINE : DOMINO1945.COM


    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Advertisement

Surabaya, 24 Juli 2019. Hallo. Setelah sekian lama berhenti menulis, akhirnya saya datang kembali, namun datang dengan prospek usaha dari perusahaan dari tempat saya bekerja. Ini dia.. Jadi, perkenalkan, ini adalah mesin printer, yang bisa mencetak gambar di berbagai media pangan, contohnya kopi, jus, dan kue. Semua bisa dicetak dan dinikmati dengan tinta edible yang aman diminum dengan sertifikasi halal dari MUI dan aman dari BPOM. Karena masih pagi, jadi ijinkan saya salin dan tempel dari website perusahaan saya. https://www.coffee-printer.com Keuntungan menggunakan Coffee Printer untuk bisnis anda bisa anda temukan di  sini… ATTENTION . WANTO TO GIVE A BUZZ TO YOUR BUSINESS? Apakah anda punya  MASALAH  dengan  PERSAINGAN? Atau  PROSPEK EKONOMI  mengganggu bisnis anda? Mungkinkah sebuah peralatan yg inovatif seperti Coffee Printer yg anda perlukan? CONSIDER THIS IDEA! HADIRKAN IDE SEGAR  dan  KREATIF Manfaatkan  DAYA VIRAL MURAH  dari marketing

Prelo - Cara Jual Beli Barang Bekas. Aman. Berkualitas.

Halo! Kali ini saya nggak akan mengulas buku atau posting tulisan saya. Tapi, ini sama pentingnya dengan membaca buku.... Yap! Belanja. Tapi nih ya, sebagai karyawan sejati yang cuma kaya di tanggal satu sampai dua puluh, saya bakal berbagi cerita saya buat belanja sesuai keinginan tapi low-budget . Perkenalkan, teman baru saya : Prelo Sim salabim! Ini bukan sulap atau sihir, tapi ini beneran. Jadi, si ijo lucu ini adalah situs jual-beli barang bekas. What? Bekas? Oke girl. Marilah kita membahasnya. Ada yang salah dengan barang bekas? Saya sih oke-oke aja asal masih layak pakai. Lagian nggak jarang saya pakai baju dari mamah yang jadul tapi hits lagi. Sebenarnya, saya baru berkenalan dengan prelo beberapa bulan yang lalu, waktu itu saya mencari buku yang dijual lagi, dengan alasan lebih hemat dan dapat banyak. Hehe. Maklum, pengen ngumpulin dan baca 300 buku sebelum dilamar. Ah. Kemudian saya cobalah belanja di Prelo  dan ketemu

Reading Challenge

Happy new year!!! Sudakah membaca masuk dalam resolusimu? Ini beberapa Reading Challenge untuk tahun 2017, lainnya menyusul ya! yuk diikutin :)